Sabtu, 08 Februari 2014

10 Gedung Pencakar Langit dengan Bentuk Unik dan Inovatif

10 Gedung Pencakar Langit dengan Bentuk Unik dan Inovatif
Sebuah negara akan bangga jika mempunyai bangunan yang tinggi. Bangunan ini akan menjadi landmark suatu negara. Bangunan pencakar langit ini juga simbol sebuah negara yang kaya dan simbol kekuasaan dimana pemimpin memerintah pada saat bangunan tersebut dibuat. Sebut saja Menara Pizza di Italia, Patung Liberty di New York, AS, dan masih banyak lagi bangunan-bangunan tinggi di dunia ini.
Tak hanya berupa bangunan bersejarah saja, negara-negara maju juga berlomba-lomba ingin membangun gedung pencakar langit. Gedung-gedung tersebut untuk perkantoran, hotel, atau apartemen mewah.
Seperti baru-baru ini yang banyak dibicarakan banyak orang adalah bangunan pencakar langi dari Dubai. Dubai Burj Khalifa dibangun dengan biaya $ 1,5 milyar dengan tinggi mencapai 2.717 kaki. Gedung mewah pencakar langit ini selesai dibangun pada tahun 2010.
Berikut ini 10 pemenang dari Emporis Skyscraper Awards. Penghargaan, yang diselenggarakan oleh Emporis, untuk ‘arsitektur bertingkat tinggi’ dan mengakui keunggulan dalam desain dan fungsi, seperti dilansir CNBC dikutip pada 23/01/2014 yang ditulis oleh Anmar Frangoul. Gedung-gedung berikut ini tidak hanya pencakar langit, namun dirancang dengan desain inovatif yang ramah lingkungan.
10. Absolute World Towers, Mississauga, Kanada 
tinggi10
Terletak di Mississauga, sebuah kota di luar dari Toronto, Absolute Dunia Towers 1 dan 2 telah dikenali berkat bentuk dan tinggi bangunannya masing-masing 176 dan 158 meter. Bangunan ini selesai dibuat pada tahun 2012.
Terutama digunakan untuk keperluan perumahan, revolusioner, bentuknya melengkung. Kedua bangunan ini dijuluki ‘Marilyn Monroe Towers‘. Secara total, biaya 450 juta dolar Kanada untuk menyelesaikan proyek Absolute Dunia lima tower.
Tidak ada duanya, lantai di menara ini memiliki dimensi yang sama, dengan masing-masing memutar hingga delapan derajat lebih dari sebelumnya.
9. New York by Gehry, New York City, Amerika Serikat 
tinggi9Pertama skyscraper oleh arsitek kelahiran Toronto Frank Gehry, New York oleh Gehry biaya $ 875 juta dan berdiri di 265,18 meter, menjadikannya bangunan pemukiman tertinggi di Amerika yang selesai dibuat pada 2011.
Terletak di Manhattan, bangunan itu khas, bergelombang façade stainless steel. Gedung ini menawarkan apartemen hunian eksklusif dengan pemandangan, New York oleh Gehry juga rumah sekolah umum lengkap dengan taman bermain atap sendiri, menawarkan solusi inovatif untuk kebutuhan mendesak untuk fasilitas pendidikan di lingkungan perkotaan.
8. Hotel Porta Fira, L’Hospitalet de Llobregat, Barcelona, Spanyol 
tinggi8Dirancang oleh arsitek Jepang Toyo Ito, hotel merah mencolok ini dipuji karena cara di mana ia mampu mengintegrasikan mulus ke dalam lingkungan perkotaan yang padat.
Berdiri pada ketinggian 113 meter dan dengan perkiraan biaya lebih dari 90 juta euro ($ 122,5 juta), hotel dikemas dengan teknologi, termasuk sistem penghematan energi, tenaga surya dan sistem untuk mengumpulkan dan menggunakan kembali air. Bangunan ini selesai dibangun pada 2010.
Anda merasa seperti tinggal di salah satu yang paling inovatif, gedung-gedung tinggi terkenal di dunia, tarif kamar mulai sekitar € 80 ($ 109) per malam.
7. Aqua, Chicago, Amerika Serikat 
tinggi7Bangunan ini menyerupai formasi batuan yang tidak rata dikelilingi oleh air, Aqua hampir 250 meter tingginya dan dilaporkan telah menelan biaya $ 475 juta yang selesai dibangun pada 2009.
Sebuah penggunaan gabungan pembangunan perumahan di daerah Lakeshore East, adalah rumah bagi salah satu atap hijau terbesar di Chicago pada 7.000 meter persegi.
Tanaman yang digunakan di kebun semua asli, dan membantu untuk mengatur suhu bangunan di musim dingin dan panas. Atap hijau juga meningkatkan kualitas udara dan membantu mengurangi emisi karbon.
Aqua bangunan yang juga ramah untuk burung. Pada tahun 2009 kelompok masyarakat kampanye untuk Perlakuan Etis terhadap Hewan (PETA) yang diberikan Studio Gang Arsitek.
PETA memuji Aqua untuk kurva bergelombang dan kaca tergores yang membuatnya lebih mudah bagi burung untuk melihat, mengurangi kemungkinan mereka terbang ke dalam gedung.
6. Mode Gakuen Cocoon Tower, Tokyo, Jepang 
tinggi6Mode Gakuen Cocoon Tower vertikal, mandiri alternatif untuk luas kampus universitas di dunia selesai dibangun pada 2008.
Terletak di distrik Nishi-Shinjuku Tokyo, dimana ruang adalah pada premi mutlak dengan tinggi 204 meter menara setinggi rumah tiga sekolah kejuruan dan dapat menampung sekitar 10.000 siswa lebih dari 50 lantai.
Bangunan pendidikan tertinggi kedua di dunia, setelah Gedung Utama dari Universitas Moskow di Rusia, Mode Gakuen Cocoon Tower memiliki serangkaian fitur inovatif.
Sebuah “sistem kogenerasi” menghasilkan tenaga listrik dan panas dan menciptakan sekitar 40 persen dari energi menara, menurut Dewan Bangunan Tinggi dan Habitat Urban, hal ini membantu untuk mengurangi emisi karbon.
Desain melengkung yang dimaksudkan untuk mewakili ‘kepompong’ yang akan menetaskan, mendidik dan mengubah siswa.
5. Het Strijkijzer, The Hague, Belanda 
tinggi5Menempati plot kecil hanya 30×35 meter di Den Haag, Het Strijkijzer – yang diterjemahkan sebagai “besi” dengan tinggi 131,58 meter. Desainnya yang unik ini terinspirasi oleh ikon Flatiron Building New York City. Bangunan ini diselesaikan pada 2007.
Terutama pencakar langit perumahan, mengandung 300 studio terjangkau untuk mahasiswa dan kaum muda, serta 48 apartemen mewah dengan tarif mulai € 990 ($ 1.346) per bulan, tidak termasuk tagihan. Bangunan rumah tinggal pendek apartemen ada 12 buah dengan biaya dari 1.132 euro ($ 1.540) per bulan.
Bangunan ini dilengkapi dengan berbagai teknologi inovatif. Warga menggunakan kartu babatan untuk mengakses bangunan dan apartemen, sementara ada sistem pengiriman mail berdasarkan perkataan gaib sebuah kompartemen terkait bergerak terus menerus pada sabuk. Warga kunci dalam kode mereka, dan kotak surat mereka muncul dalam dinding.
4. Hearst Tower, New York City, Amerika Serikat
tinggi4Markas Norman Foster dirancang untuk penerbit majalah Hearst, Perusahaan bangga menampilkan kredensial hijau yang selesai dibuat pada 2006.
Berdiri pada 181,97 meter dan dibangun untuk $ 500 juta, itu menjadi gedung perkantoran pertama di New York untuk menerima Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Gold Peringkat dari US Green Building Council.
Sembilan puluh persen dari baja yang digunakan dalam struktur bangunan berasal dari bahan daur ulang, sementara semua sisa makanan basah kompos.
Sensor cahaya mengatur jumlah cahaya buatan yang digunakan dalam bangunan sementara atapnya mengumpulkan air hujan, mengurangi jumlah yang dibuang di sistem pembuangan limbah kota.
3. HSB Turning Torso, Malmo, Swedia 
tinggi3Dengan tinggi 190 meter, Turning Torso adalah bangunan tertinggi di Skandinavia yang selesai dibuat pada 2005.
Dirancang oleh arsitek Spanyol Santiago Calatrava dan diperkirakan telah menelan biaya $ 80 juta, bangunan ini terbuat dari sembilan kubus terpisah ditumpuk di atas satu sama lain. Namanya mencerminkan fakta bahwa kubus atas dipelintir 90 derajat dalam kaitannya dengan lantai dasar.
Campuran apartemen perumahan, kantor dan ruang konferensi, Turning Torso terlihat dari Kopenhagen, sekitar 15 mil jauhnya.
Bangunan ini hijau juga. Disertakan dengan bersumber secara lokal, energi terbarukan, setiap apartemen dilengkapi dengan monitor konsumsi energi yang memungkinkan warga untuk mengatur penggunaan energi mereka dan pengeluaran.
2. Taipei 101, Taipei, Taiwan
tinggi2Gedung tertinggi di dunia 2004-2011, Taipei 101 berdiri dengan tinggi 509,20 meter dan biaya $ 1,76 miliyar selesai dibangun pada 2004.
Gedung dengan pengamatan dek luar adalah salah satu yang tertinggi di dunia, sementara lift gedung pencakar langit adalah yang tercepat, dapat melakukan perjalanan di 1.010 meter per menit.
Pada tahun 2011 Taipei 101 mencapai tonggak kebanggan ketika dianugerahi LEED Platinum, dengan status ‘hijau’ menjadi pencakar langit di dunia. Ini dicapai melalui pengurangan penggunaan air dan listrik serta produksi sampah.
1. 30 St Mary Axe, London, Inggris Raya 
tinggi1
Yang dikenal untuk London sebagai ‘Gherkin’, bangunan dirancang oleh Norman Foster dengan tinggi 179,80 meter dan menghabiskan biaya sekitar £ 138 juta ($ 226 juta) selesai dibangun pada 2003.
Terletak di tengah-tengah pusat keuangan London yang ramai dan sempit, 30 St Mary Axe adalah gedung pencakar langit ramah lingkungan pertama di kota ini.
Berkat desain dan spiral sumur cahaya, bangunan kaya cahaya alami dan ventilasi, mengurangi ketergantungan pada sistem pendingin udara buatan. Hal ini juga terutama didorong oleh sumber energi bersih dari gas alam.
Ini inovasi hijau berarti bahwa 30 St Mary Axe yang sama memiliki jejak karbon rendah dan mengkonsumsi setengah kekuatan sebuah gedung perkantoran bertingkat tinggi.

Sumber : http://cauchymurtopo.wordpress.com/2014/02/01/10-gedung-pencakar-langit-dengan-bentuk-unik-dan-inovatif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar